Juwet, Si Buah Legendaris

TiaraStory Bagi sebagian orang, buah juwet bisa saja mengingatkan masa kecil mereka, buah yang dikenal dengan sebutan duwet atau jamblang atau popular juga dengan sebutan java plum. Yup! Buah juwet dengan bentuk buah mirip anggur ini namun lebih lonjong, dengan kulit warna ungu kehitaman dan bercitarasa dominan sepat dan asam. Musim buah juwet ini pada bulan Agustus kini ternyata semakin langka, padahal kandungan vitaminnya sangat baik buat tubuh, terutama untuk diabetes dan ibu hamil.

Juwet popular di tahun 80-90an, dengan tinggi pohon bisa mencapai 30 meter, dan biasa tumbuh di tepi sungai. Salah satu buah tropis yang cukup banyak diminati di Asia, dan hampir semua bagian pohon buah ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, baik dari buah, biji, daun dan kulit kayunya.

Pelanggan Tiara Gatzu bisa menikmati buah juwet dengan harga Rp. 63.580/kg

Okay, kita akan bahas soal khasiat buah juwet ini yaa..Bila ada anggota keluarga anda menderita diabetes, rutinlah mengkonsumsi buah ini setiap hari, sekitar 1 genggam juwet per hari. Sekalipun juwet rasanya manis, namun kadar glikemik buah ini masih rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes. Bisa juga anda memblender 15 gram juwet dan merebusnya, rutin minum rebusan juwet ini ya..karena pakar pengobatan tradisional juga masih menganjurkan buah juwet untuk menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes. Selain itu untuk ibu hamil menjelang persalinan, juga sangat dianjurkan untuk menjadikan juwet sebagai camilan sepanjang hari, selain mengatasi rasa mual, ternyata kandungan anti inflamasi pada warna ungu buah juwet ini bisa mengatasi rasa nyeri menjelang persalinan.

Trus, untuk anda yang punya masalah sariawan, termasuk yang sering berdarah saat gosok gigi, cobalah rutin masukkan juwet pada menu harian anda, sehingga asupan vitamin C anda bisa terpenuhi. Ada lagi khasiat tersembunyi dari juwet ini adalah menyembuhkan batuk rejan pada anak, bila anda menemukan anak anda batuk yang tidak kunjung sembuh, coba buatkan rebusan dari buah juwet tambahkan sedikit gula merah, dan minumkan setiap hari dan beriĀ  juwet sebagai camilan sampai batuknya mereda.

Nah, pelanggan Tiara GatzuĀ  juwet ini sendiri ada 2 macam yaitu juwet ungu dan juwet putih, rasa juwet ungu lebih didominasi oleh rasa sepat dan asam, sedangkan juwet putih cenderung manis. Anda bisa menikmati buah juwet ini dengan cara membersihkannya dengan air mengalir, lalu balur dengan garam, dan langsung bisa konsumsi. Atau anda juga bisa terlebih dahulu merendam juwet dengan air mendidih dengan sedikit garam, tiriskan dan sajikan.waah, ga sabar ya rasanya!

Namun sekalipun aman dikonsumsi, sebaiknya penggunaan bagian lain dari juwet seperti daun, biji dan kulit pohonnya memang disesuaikan dengan kebutuhan saja. Dan efek samping dari biasa terjadi bila mengkonsumsi buah juwet yaitu warna urine menjadi ke unguan, dan bisa menyebabkan sembelit. Jadi tetap di kontrol ya..selamat mencoba!

Facebook Comments
2+

tiaragatzu

Perusahaan Ritel di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× WhatsApp