Buah Ciplukan, Dulu Jadi Tanaman Gulma Sekarang Dianggap ‘Sakti’

Tiara Story-Bagi Sebagian besar pembaca setia Tiara Story yang lahir dan tumbuh  di era 90an pasti tidak asing dengan buah yang satu ini. Tumbuhan yang dulu dianggap gulma ini sebetulnya sudah banyak dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Tak heran bila ciplukan punya banyak sebutan. Tumbuhan yang bernama latin Physalis Angulata L ini juga dikenal sebagai cecendet di Jawa Barat, keceplokan di Bali atau leletokan di Minahasa.

Kendati dulu ciplukan begitu diabaikan, namun siapa sangka bila kini ciplukan bahkan telah dikonsumsi dan dijual di berbagai toko buah. Pasalnya, ternyata buah ini bermanfaat menyembuhkan penyakit lho! Apa saja ya khasiat dari buah ciplukan ini? Dilansir Tiara Story dari idntimes.com berikut ini manfaat buah ciplukan.

  1. Ekstrak ciplukan menginduksi apoptosis (kematian) pada sel kanker payudara.

Ternyata ciplukan ini sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak negara untuk mengobati berbagai penyakit. Ciplukan dijadikan jus untuk digunakan sebagai obat penenang, pembersih darah, antirematik hingga meredakan sakit telinga oleh masyarakat di lembah Amazon. Di Taiwan buah ini digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit diabetes, hepatitis, asma dan malaria. Hal serupa juga dilakukan oleh penduduk Peru yang menggunakan daun clipuk untuk penyakit hati. Bahkan di Afrika Barat buah ini dipercaya dapat menyembuhkan kanker.

Di Indonesia sendiri sebetulnya sudah ada penelitian yang dilakukan terkait khasiat buah ini. Salah satu penelitiannya datang dari Cancer Chemoprevention Research Center, Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengenai khasiatnya terhadap kanker payudara.

Dan hasilnya ekstrak ciplukan mampu menginduksi apoptosis (kematian) pada sel kanker payudara. Tentunya temuan ini berupa kabar baik. Semoga saja ada keberlanjutan terkait penelitian ini.

  1. Dari akar, daun hingga buahnya punya beragam khasiat untuk kesehatan.

Rupanya bukan hanya buahnya, tapi daun sampai akarnya pun berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Dihimpun dari Cancer Chemoprevention Research Center, Farmasi UGM, berikut ini khasiat dari bagian masing-masing ciplukan.

  • Daun: Patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah.
  • Buah: Obat epilepsi, susah kencing dan jantung.
  • Akar: Berkhasiat sebagai obat cacing dan penurun demam.

Tidak disangka ya, buah yang dulu sering diabaikan dan dianggap gulma ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Bagaimana tertarik untuk segera mengkonsumsi buah yang satu ini untuk kesehatan? Ciplukan sekarang  tersedia di Tiara Gatzu, Toko Soputan Fresh dan Tiara Monang Maning lho. Harganya terjangkau cukup dengan Rp. 23.800/pack (100gr) pembaca setia Tiara Story sudah bisa menikmati buah ciplukan. Untuk info produk dan pemesanan bisa hubungi via whattsapp ke 0361-418918.

Facebook Comments
1+

tiaragatzu

Perusahaan Ritel di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× WhatsApp