Diet Sehat, Perlu atau Hanya Mengikuti Gaya Hidup?

Tiara Story Diet sering kali membuat banyak orang bingung. Banyak orang beranggapan bahwa diet adalah sekadar mengurangi makan. Diet adalah sebuah metode yang mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh–guna mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol. Perlu diketahui, pengertian diet bagi setiap orang berbeda-beda karena setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam melakukan diet.

Ada orang yang menjalani diet demi menjaga kesehatan tubuhnya, akan tetapi ada juga orang yang menjalankan diet karena menderita penyakit tertentu, dan ada juga mereka yang melakukan diet karena memang berat badannya sudah berlebihan. Di dalam melakukan diet, diperlukan program diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan usia. Hal ini perlu karena dengan program diet yang tepat maka tujuan dari diet yang dilakukan akan tercapai

Program diet banyak macamnya dan setiap orang belum tentu akan sama hasilnya dalam menerapkan program diet yang sama. Oleh karena itu, alangkah baiknya sebelum Anda melakukan diet, konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi. Berikut ini cara diet yang sehat dilansir dari doktersehat.com.

  • Penuhi asupan cairan tubuh

Supaya tubuh bekerja dengan baik, organ di dalamnya membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Menjaga suhu tubuh, memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit, mencegah dehidrasi, melembapkan kulit, serta menjaga ginjal tetap sehat, merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi air putih. Tak sampai di situ, air putih juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara diet yang benar.

Air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar. Sebaiknya minum segelas air putih setengah jam sebelum Anda makan. Rasa kenyang setelah minum air putih akan membuat Anda lebih sedikit mengonsumsi kalori, sehingga dapat membantu penurunan berat badan. Agar asupan cairan tubuh tetap terjaga, sebaiknya konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

  • Penuhi asupan kalori harian

Pada dasarnya, setiap orang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda. Kebutuhan kalorinya dibedakan berdasarkan aktivitas fisik, kondisi kesehatan dan usia. Misalnya, mereka yang berusia 19-30 tahun dan cukup aktif bergerak, rata-rata membutuhkan 2.000 – 2.800 kalori per hari.

Cukupi kebutuhan kalori harian Anda tidak melebihi batas yang sudah ditentukan. Sebab jika Anda mengonsumsi kalori melebihi dari kebutuhan kalori per hari, maka kalori tersebut akan disimpan tubuh sebagai lemak.

Guna mendukung diet yang sehat, sebaiknya cukupi kebutuhan kalori ini dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Hindari sumber kalori yang kurang sehat, seperti makanan manis yang mengandung gula tinggi.

  • Konsumsi buah dan sayur

Cara diet yang benar satu ini sangat dianjurkan bagi Anda tidak kuat menahan lapar, karena diet ini menganjurkan Anda untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak. Tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, kedua makanan ini juga mengandung serat dan air. Kandungan inilah yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Buah dan sayur juga memiliki kalori yang rendah, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Jadi pada dasarnya jika kita sudah mengatur pola makan kita baik itu demi menjaga kesehatan atau menjaga bentuk tubuh yang proposional itu sudah dianggap diet. Tidak ada salahnya menikuti gaya hidup apalagi jika gaya hidup itu memberikan dampak positif bagi tubuh kita. Butuh asupan sayur, buah-buahan dan super food untuk kebutuhan diet anda? Klik saja www,tiaragatzuonline.com. Dan kami siap mengantar ke rumah anda.

Facebook Comments
1+

tiaragatzu

Perusahaan Ritel di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× WhatsApp