Suka Paprika? Ini Lo Manfaatnya. . . .

Tiara Story  Paprika (Capsicum annuum L.) adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau Solanaceae.

Buahnya yang berwarna hijau, kuning, merah, atau oren sering digunakan sebagai campuran salad dan tambahan bahan di pizza.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, sekarang tersebar luas dan dibudidayakan di hampir semua daerah tropika dan subtropika. Dan banyak memiliki manfaat antara lain, sebagai berikut :

  • Mencegah Kanker

Paprika mengandung banyak antioksidan dan zat anti radang yang berperan penting untuk mencegah kanker. Kerusakan sel akibat radikal bebas dan inflamasi (radang) kronik merupakan faktor resiko penyebab terjadinya kanker. Berbagai fitonutrien yang terdapat di dalam paprika dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker ini.

  • Sumber Antioksidan

Beberapa antioksidan yang terdapat di dalam paprika adalah vitamin C, vitamin A, karotenoid, flavonoid, dan asam hidroksi sinamik. Selain itu, paprika juga mengandung beta karoten dan likopen yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap berbagai efek berbahaya dari radikal bebas.

  • Membantu Mengatasi Peradangan

Berbagai fitonutrien yang terdapat di dalam paprika juga mengandung berbagai zat anti radang yang dapat membantu mencegah terjadinya kanker, penyakit jantung, dan radang sendi.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena paprika mengandung banyak vitamin C maka konsumsi paprika dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan berbagai stress oksidatif akibat radikal bebas.

Selain mengandung banyak vitamin C, paprika juga mengandung banyak vitamin B6 yang juga turut berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Berbagai jenis makanan yang mengandung banyak antioksidan dan zat anti radang seperti paprika sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Konsumsi paprika dapat menurunkan proses inflamasi (radang) kronik dan stres oksidatif di dalam tubuh. Kedua hal ini merupakan faktor resiko penyebab terjadinya penyakit jantung.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Karena paprika mengandung 2 jenis vitamin yang berperan penting bagi kesehatan mata, yaitu vitamin A dan vitamin C, maka konsumsi paprika dapat membantu mencegah terjadinya gangguan mata yang berhubungan dengan proses penuaan. Vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya katarak. Sedangkan vitamin A dapat mencegah terjadinya degenerasi makula.

Facebook Comments
0

tiaragatzu

Perusahaan Ritel di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× WhatsApp