Tips Agar Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

TiaraStory Haiii pembaca setia Tiara Story! Bagaimana kabar anda hari ini? Di penghujung tahun biasanya identik dengan curah hujan yang semakin tinggi dan membuat tubuh kita semakin rentan terserang virus dan bakteri. Bagaimana ya caranya agar tubuh kita tetap sehat di musim hujan ini? Mari kita simak tips yang kami rangkum dari honestdocs.id berikut ini.

  1. Perhatikan Asupan Makanan

Untuk menjaga kesehatan, perlu diperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, termasuk sayur dan buah. Berbagai jenis sayuran seperti brokoli, wortel, bayam, kubis dan lainnya memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral yang tinggi. Kebiasaan rutin mengonsumsi sayuran setiap hari memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, termasuk mampu meningkatkan sistem imun yang membuat tubuh tak mudah terserang penyakit. seperti sayuran, konsumsi buah-buahan segar setiap hari menjadi salah satu tips menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan. Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan, seperti buah plum, kiwi, buah berry, apel, jeruk dan lainnya dapat membantu kesehatan tubuh agar senantiasa terjaga dengan baik.

  1. Tetap Aktif

Tips agar tubuh tetap sehat di musim hujan selanjutnya adalah dengan membiasakan diri agar tetap aktif bergerak atau berolahraga. Meskipun musim hujan, jangan lantas membuat diri menjadi lesu dan hanya sekedar bermalas-malasan di tempat tidur.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar terus aktif bergerak meski hanya di dalam rumah. Di antaranya dengan mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, melakukan push-up dan sit-up, berlatih aerobik, naik turun anak tangga, dan berbagai aktivitas lain yang dapat membantu membuat tubuh tetap aktif bergerak.

  1. Jauhi Stres

Para ahli telah mengaitkan hubungan antara stres dengan timbulnya berbagai penyakit. Oleh sebab itu, para ahli menyarankan agar setiap orang mampu menjauhi stres dengan mengelolanya secara baik, misalnya dengan berlatih yoga atau meditasi.

Selain itu, stres akan mengerutkan sel-sel saraf atau neuron otak yang memicu terjadinya depresi. Bukan itu saja, ketika stres terjadi, hormon stres pun akan meningkat dan menjadi racun pada saraf juga organ lainnya sehingga berakibat pada menurunnya kekebalan tubuh, gangguan jantung, hingga stroke. Oleh karena itu, hindari stress dan coba hadapi masalah dengan pikiran yang dingin dan tenang agar terhindar dari risiko penyakit.

 

  1. Konsumsi Vitamin Sebagai Pelengkap

Selain memperhatikan asupan makanan yang sehat dan teratur, untuk menghindari risiko sakit pada musim hujan adalah dengan mengonsumsi vitamin terutama vitamin C dan vitamin D. Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mempercepat proses pemulihan dan memperkuat daya tahan tubuh. Anda juga dapat mendapatkan vitamin C dari paprika, pepaya, dan nanas.

Selain itu, cukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Hal ini berfungsi untuk mencegah serangan berbagai gangguan kesehatan seperti penurunan kekebalan tubuh, gejala osteoporosis, penyakit jantung, gangguan kognitif, asma, hingga risiko kanker.

Vitamin D sebenarnya bisa didapatkan secara alami melalui sinar matahari, tetapi karena cuaca sedang hujan maka Anda dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan asupan vitamin D dengan mengonsumsi ikan, telur, susu, minyak ikan, sereal atau suplemen yang mengandung vitamin D3 (cholecalciferol).

  1. Cukupi Kebutuhan Tidur

Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa seseorang yang mencukupi kebutuhan tidur selama 8 jam setiap hari menunjukkan resistensi yang lebih besar terhadap virus dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur. Salah satu alasannya adalah karena ketika tidur tubuh melepaskan hormon sitokin yang mampu membantu tubuh melawan infeksi dengan cara mengatur sistem kekebalan tubuh.

  1. Hindari Alkohol

Meskipun suhu tubuh terasa dingin akibat hujan yang terus-menerus datang, bukan berarti Anda dapat menghangatkan tubuh dengan cara mengonsumsi minuman beralkohol. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kebiasaan minum minuman beralkohol dapat merusak sel dendritik tubuh yang merupakan bagian vital dari sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, peningkatan konsumsi alkohol dari waktu ke waktu dapat meningkatkan eksposur seseorang terhadap infeksi bakteri maupun virus. Sebagai pengganti, coba konsumsi minuman hangat seperti jahe atau hot chocolate yang terbukti efektif dalam menghangatkan tubuh dan tentunya lebih menyehatkan.

Minum air putih yang hangat juga merupakan minuman terbaik untuk menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan. Apalagi air putih dapat menjaga hidrasi pada tubuh dan mencegah tubuh kekurangan cairan.

  1. Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau seringkali dikaitkan dengan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan tekanan darah dan gula darah, serta mengurangi kadar lemak pada perut. Teh hijau memiliki kandungan flavonoid dan katekin yang bertindak sebagai antioksidan sehingga disarankan untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin setiap harinya sebagai salah satu penerapan dari gaya hidup sehat.

  1. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri menjadi syarat penting agar tubuh tidak mudah terpapar mikroorganisme penyebab penyakit. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan adalah dengan mandi air hangat 2 kali sehari, rajin mencuci tangan dengan sabun, memakai masker pelindung ketika berada di luar rumah, dan hindari pemakaian barang pribadi seperti sikat gigi dan handuk secara bersamaan dengan orang lain.

Nah itu dia tips agar tubuh kita selalu sehat walaupun saat ini sudah memasuki  musim hujan. Salah satunya memperhatikan asupan makanan kita. Ingin selalu makan makanan dengan bahan makanan yang segar tapi tidak sempat berbelanja? Malas keluar rumah karena hujan? Klik aja www.tiaragatzuonline.com

Facebook Comments
1+

tiaragatzu

Perusahaan Ritel di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× WhatsApp