TIPS CLEAN EATING ENAK, DIET LANCAR dan HIDUP SEMAKIN SEHAT

 

TiaraStory Clean eating menjadi pilihan untuk diet belakangan ini. Tapi tahukah pembaca setia Tiara Story apa itu clean eating? Dilansir dari fimela.com clean eating adalah metode makan sebagai gaya hidup, bukan diet. Diet sering selesai jika berat badan turun, namun clean eating dilakukan seterusnya. Dalam clean eating, seseorang diharuskan mengonsumsi makanan yang alami, sebisa mungkin tanpa proses masak yang lama. Sebisa mungkin mengurangi garam, gula, minyak, makanan berlemak, dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah segar. Bahan lain seperti protein tetap dikonsumsi, dengan proses yang sehat seperti kukus, rebus dan panggang.

Menerapkan clean eating nampaknya memang ribet, tapi biasanya bisa mudah dilalui setelah menerapkannya dalam seminggu penuh. Jadi, sangat worth to try, Hanya perlu membulatkan tekad saja. Saat baru memulai pola makan ini jangan langsung drastis merubah semua ya, cukup pelan-pelan saja karena tubuh bisa berontak. Pada dasarnya ada 3 prinsip yang harus dilakukan saat menerapkan clean eating seperti yg dilansir dari tipsdantrik.id berikut ini.

  1. Ganti Gula dengan Buah Segar Seminggu Sekali

Mengganti  cookies, kue, permen, cokelat. Sebagai gantinya, alihkan anggaran ke buah-buahan yang sehat dan segar. Potong dan kupas buah-buahan dan atur di piring seatraktif-atraktifnya. Kalau perlu, ala-ala restoran mahal. Lalu sajikan sebagai pengganti snack, atau buatlah salad yang kesemuanya hanya buah. No sugar added, pokoknya.

Sebagai pemula dalam usaha menurunkan berat badan ini, penggantian segala snack manis bisa dilakukan sekali sepekan. Lalu setelah lidahmu sudah mulai terbiasa untuk tidak diberi yang manis-manis, kamu bisa naikkan dosis nge-buahnya jadi 3 kali seminggu, sampai kamu bisa benar-benar lepas dengan gula sepenuhnya.

Ganti juga semua sumber tepung dengan yang whole wheat. Gantilah roti putih, pasta dan nasi putih dengan beras merah, dan segala olahan gandum utuh.

Hentikan mengonsumsi makanan olahan dan junk food menjadi hanya 1-2 kali seminggu. Makanan kemasan, atau olahan yang hanya butuh waktu hitungan menit mengolahnya, atau hanya perlu dipanaskan saja, sangat tinggi kandungan sodium, lemak dan bahan tidak sehat lainnya.

 

  1. Berusaha Disiplin Mengikuti Meal Plan yang Sehat

Kalau pengin menurunkan berat badan secara efisien maka penting banget ya, untuk makan terjadwal 3 kali sehari, di waktu yang sama setiap hari. Jangan tunda makan, sebab telat makan bisa memicumu jadi pengin makan makanan nggak sehat. Dalam jumlah yang banyak.

Yang paling parah, makannya tengah malam. Sudah bakal dijamin deh, bangun tidur selain muka jadi bengkak, berat badan bakal naik cepat. Gagal deh program menurunkan berat badan kita.

Akan lebih baik jika kamu bisa memasak sendiri. Karena, selain lebih terjamin nutrisi dan kebersihannya, kamu pun bisa kendalikan menu yang paling sarat nutrisi dan minim dari kandungan lemak atau gula tinggi.

 

  1. Pertahankan Kebiasaan Clean Eating

Kurangi 250-500 kalori dari total rekomendasi kalorimu per hari. Ini bisa membantu menurunkan berat badan hingga 1/2 kg dalam seminggu lo.

Tapi, bagaimana caranya melacak asupan kalori?

Sekarang tersedia banyak sekali aplikasi penghitung kalori di smartphone. Bisa dicari di Playstore atau AppStore. Semakin sering kamu menggunakan pelacak atau penghitung kalori, maka kamu akan semakin mahir memperkirakan jumlah kalori makanan.

Keunggulan lain dari clean eating adalah kita tetap bisa makan daging, masih bisa masih bisa menggunakan bumbu2an, masih bisa makan yang manis – manis asal  semuanya tidak di proses secara instan , harus secara alami. Berikut ini tips sederhana bagi pemula jika ingin clean eating nya tetap asyik dilakukan seperti kami lansir dari theprasstyo.com:

  1. Pilihlah Ikan sebagai pengganti daging (karena daging harganya mahal dan masaknya repot) . Ikan bisa salmon , bisa dory , bisa tuna,pada dasarnya ikan apapun itu sangat bergizi. Namun memang masak ikan terkadang amis , tapi di supermarket atau pasar bisa minta pedagangnya membersihkan , potong fillet sampai duri nya pun bisa di babat abis , lalu di marinate / rendam dengan garam dan lemon selama satu malam. Tanpa banyak bumbu , ikannya pun terasa enak …
  2. Pilihlah Sayur Hidroponik , Aquaponic, Aeroponic dan teman – temannya. Fresh , dan selahap itu makan sayur tanpa bumbu apapun. Jadi terbukti bahwa sayuran yang di panen dengan cara bersih , bebas dari pestisida dan bebas rasa – rasa asem kecut gak enak.
  3. Untuk mengeyangkan biasanya bisa tambahin dengan roti whole wheat / multi grained dan telur ayam kampung.

Itulah beberapa hal mengenai clean eating dan tips sederhana menjalani clean eating. Selamat mencoba dan ingat clean eating itu gak ribet cuman perlu komitmen dari diri sendiri. Kalau perlu informasi mengenai sayur dan buah yang sehat dan segar dan bahan makanan super food klik aja www.tiaragatzuonline.com atau chat via WhatsApp ke 0361418918.

Facebook Comments
1+

tiaragatzu

Perusahaan Ritel di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× WhatsApp